Kamis, 15 September 2011

India Bagikan 6,8 Juta Laptop Gratis


VIVAnews.com - Pemerintahan negara bagian Tamil Nadu di India selatan membagikan sekitar 6, 8 juta laptop gratis kepada pelajar SMP. Pembagian laptop ini dimaksudkan untuk mengejar ketertinggalan teknologi dan ekonomi dengan negara bagian India yang lain. Dilansir laman BBC, Kamis 15 September 2011, laptop ini dibagikan ke semua pelajar SMP di Tamil Nadu tanpa kecuali. Negara bagian ini adalah wilayah pertama di India yang menerima laptop gratis pada program lima tahun pemerintah tersebut.

Pembagian laptop ini adalah salah satu janji Kementerian Pendidikan India pada awal tahun ini. Para sponsor mengatakan program ini membantu para pelajar yang ingin menggunakan laptop namun orangtua mereka tidak mampu membelinya.Pemerintah India berharap laptop ini dapat membantu perekonomian Tamil Nadu untuk bersaing dengan negara bagian lainnya dalam mewujudkan generasi melek teknologi komputer. 

Tidak hanya laptop, pemerintah India juga berjanji akan membagikan blender dan pemotong makanan bagi para penduduk. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan secara cuma-cuma binatang ternak, seperti kambing dan domba.  Program ini termasuk dalam program subsidi makanan bagi warga tidak mampu.Namun, program ini bukannya tanpa kritik. Berbagai program yang memakan biaya hingga ratusan juta dolar ini dinilai terlalu menghabiskan anggaran negara. Para kritikus mengatakan dana sebesar itu sebaiknya dipergunakan untuk memperbaiki layanan sosial dan infrastruktur di beberapa wilayah tertinggal.VIVAnews
Posting Komentar