Rabu, 04 Januari 2012

Festival Duren Lolong [Pekalongan]

KAJEN – Festival Durian Lolong tahun ini akan digelar Minggu, 8 Januari mendatang. Festival diselenggarakan di Lapangan Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00. Panitia menjual voucher seharga Rp. 50.000 pada pengunjung untuk makan durian sepuasnya. Lokasi festival di pinggir Sungai Sengkarang di di depan Kantor Kepala Desa Lolong, sebelah selatan Jembatan Lengkung Lolong. 

Festival bertajuk ”Festival Durian Tiban Lokal Lolong” itu rencananya dibuka Bupati  Pekalongan, Drs. H. A. Antono, MSi, pukul 09.00. Pengunjung bisa menikmati durian sepuasnya setelah acara pembukaan. Voucher sudah bisa dipesan saat ini melalui panitia di Desa Lolong dengan menghubungi Nomor 085869577177 (Rohman) atau 081548070646 (Mujahidin). ”Pemesan nanti akan menerima kuitansi dan bisa ditukar voucher di lokasi acara pada hari H,” ujar panitia penyelenggara, Mujahidin, saat dihubungi Humas melalui ponsel, Senin (2/12), . Panitia menyediakan 250 voucher. 
Gambar 1. Duren Lolong - Pekalongan

Festival durian akan diramaikan para pedagang durian yang menjajakan dagangannya dengan tenda dan lapak-lapak di sepanjang jalan dari Karanganyar menunju Lolong. 

Terpisah, Asisten Perekonomian Pembangunan Sekda Kabupaten Pekalongan, Drs. Mujiyanto, di ruangannya mengatakan, festival durian kali ini akan menyajikan durian yang matang di pohon. ”Sehingga memerlukan waktu khusus, tidak bisa dimajukan dan tidak bisa diundur,” tutur Mujiyanto. Dia menjamin, durian yang disajikan dalam festival tersebut matang di pohon, alamiah, tanpa bahan kimia.  
Festival Durian Tiban Lolong sudah menjadi kegiatan rutin tiap tahun mulai sejak 2009 dan melibatkan petani durian yang ada di Desa Lolong. Festival tidak digelar pada tahun 2011 karena cuaca ekstrem yang mengakibatkan sebagian besar pohon durian tidak berbuah. 

Festival diselenggarakan dalam rangka menyukseskan Program Pemkab Pekalongan di bidang Pariwisata, mewujudkan Desa Lolong sebagai salah satu kawasan wisata di Kabupaten Pekalongan, khususnya untuk cluster wisata ”Kabalong (Karanganyar, Limbangan, dan Lolong). ”Even diharapkan bisa menarik pengunjung untuk berduyun-duyun dan menikmati durian sebagai produk unggulan Kabupaten Pekalongan,” imbuh Mujianto. 

Kabag Perekonomian Setda, Drs. Abdul Apipudin MSi menambahkan, festival durian di Lolong merupakan even langka, oleh karena itu, dia mengajak pada seluruh masyarakat untuk tidak melewatkan acara tersebut. [sumber tulisan]

Ayo bagi pencinta Duren (duda keren) segara ramaikan acara festival ini dan nikmati kepuasan makan duren !
Posting Komentar