Kamis, 29 Maret 2012

Istirahat dan tidur

Yang namanya orang capek itu ya butuh istirahat, sedangkan

Orang ngantuk itu ya butuh tidur.

Aku jadi inget kata-kata dari kiyai saya dulu waktu nyantren di Pabelan bahwa, istirahat itu ya sebuah aktifitas pengganti dari aktifitas sebelumnya. Maksud tulisan/kata-kata itu adalah, ketika ketika kita atau lebih tepatnya saya ingin istirahat setelah lelah melakukan aktifas apapun, baik itu ketika aku capek kerja atau capek duduk, maka aku butuh untuk beristirahat. Namun maksud dari istirahat yang dimaksud oleh Kiyai saya itu bukan istirahat lantas kita tidur atau duduk santai sambil minum kopi, tapi istirahatnya adalah mengganti pekerjaan sebelumnya dengan pekerjaan lain yang tidak sama. Semisal saya capek kerja di depan komputer saya bisa beristirahat dengan bekerja sambil berdiri dan jalan-jalan (kerjaan saya kan mikir). Nah, kalau saya capek duduk ya saya bisa berdiri atau lari-lari, dan kalau saya capek lari maka saya bisa beristirahat dengan berhenti atau duduk, begitu juga dengan pekerjaan atau aktifitas lainnya.
So, menurut Kiyai saya ini adalah istirahat itu tidak harus dengan duduk santai sambil minum es jus, atau tiduran telentang di atas kasur sambil merem, tapi lebih tepatnya istirahat adalah mengganti pekerjaan satu dengan pekerjaan yang lain.

Saya pun sangat setuju dengan kata-kata Kiyai saya itu.
Kadang saya sering merasa bahwa tidur dan istirahat sambil santai-santai tanpa melakukan aktifitas yang produktif itu adalah sebuah kesia-siaan. Namun meskipun aku sering berpikir begitu, tetapi nyatanya aku lebih sering tidur dan istirahat nyantai sambil dengerin musik atau nonton pilem. Yah, kalau dipikir rugi memang aku merasakan hal itu, aku pikir aku rugi berat kalau aku harus begitu setiap hari, namun aku juga berfikir apa yang bisa aku perbuat agar aku bisa lebih produktif dalam berkarya.

Kalau bicara harapan memang aku berharap aku bisa lebih produktif lagi setelah skripsi ini selesai, dan nyatanya semua urusan skripsi sudah selesai dan aku juga masih bingung apa yang akan aku lakukan agar aku bisa lebih produktif lagi, produk apa yang bisa aku hasilkan ?
Aku memang pernah berkata, kalau aku selesai skripsi aku akan aktif lagi share tentang bahasa Spanyol di grup FB, mungin itu adalah salah satu yang akan aku lakukan, tapi selebihnya aku berfikir apa yang bisa aku lakukan selanjutnya ? 

Belajar pemprograman komputer lagi ? PHP, CSS, DELPHI, VB, C++ atau apa ya ? 
Posting Komentar