Kamis, 05 April 2012

Tips Mencari Pekerjaan ? Gampang dan Mudah [keterimanya yang susah]

Apa yang menjadi cita-cita Anda setelah sukses menyelesaikan kuliah?Beberapa dari Anda mungkin berkeinginan untuk melanjutkan kuliah S2 atau bahkan S3, dan pastinya ada beberapa dari Anda ingin langsung bekerja, mengaktualisasikan diri, mengimplementasikan ilmu yang telah Anda dapat sebelumnya. 

Mencari pekerjaan adalah sesuatu yang gampang dan mudah. Namun, karena tidak sesuai dengan pendidikan, jam kerja yang terlalu mengikat, suasana kerja yang tidak menyenangkan, membuat Anda merasa kurang puas dengan pekerjaan. 

Yang telah ditulis di atas menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum kita memilih dan mendapatkan pekerjaan yang ideal. Apa saja ya?
  • Anda Memiliki Potensi Diri, Kenalilah!

Anda adalah Anda, dengan segala kelebihan dan kekurangan. Buatlah analisa strength, weakness, opportunities dan Threat (SWOT) mengenai diri Anda, itulah potensi Anda. Buatlah gambaran yang pasti pekerjaan apa saja yang tepat. Apakah pekerjaan itu diyakini sesuai dengan potensi yang Anda miliki sekarang? Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan potensi Anda kemungkinan untuk sukses lebih besar dari pada melakukan pekerjaan yang tidak sesuai.
  • Anda Memiliki Kepribadian, Sesuaikan!

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian anda. Misalnya, bila Anda adalah seorang yang easy going, suka ber-traveling mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan publik / orang seperti humas, wartawan dan lain-lain. 
Bila anda seorang yang menyukai hal-hal detail, tidak banyak berhubungan dengan orang, merasa lebih nyaman mengerjakan pekerjaan di belakang meja mungkin pekerjaan yang cocok adalah di bidang finance & accounting
  • Idealisme dan pola kerja.

Masing-masing dari Anda pastilah memiliki idealisme yang berbeda satu sama lain. Cocokanlah ideliasme Anda dengan pekerjaan yang Anda akan tekuni nantinya. Mungkin tepat bagi anda untuk memilih bekerja di lapangan atau menjadi bagian dari tim kreatif, atau bahkan melakukan kerja lepas atau freelance bila Anda adalah seorang yang mempunyai idealisme tinggi dan menyukai pola kerja bebas alias tidak dibatasi jam kerja. Jika Anda ingin berada dalam lingkungan kerja yang terpola dan terbatasi waktu, pilihan kerja di atas bukanlah hal yang tepat. Anda tidak akan pernah merasa nyaman, sehingga akan sering tidak fokus dan pada akhirnya menimbulkan stres.
  • Saran dari Orang Terdekat, minta dan dengarkanlah!

Biasanya, orang lain apalagi orang terdekat lebih tahu hasil kerja Anda dibandingkan Anda sendiri. Jadi, sebaiknya Anda mendengarkan dan mempertimbangkan saran orang lain mengenai pekerjaan Anda. Kebanyakan dari kita sering beranggapan bahwa selama ini telah bekerja baik, padahal orang lain menganggap kurang. Segera rangkum dan perbaiki!
  • Daftar Prioritas adalah sesuatu yang Penting dimiliki!

Anda sekarang telah memiliki banyak data mengenai diri Anda. Potensi, kepribadian, idealisme bahkan saran dari orang terdekat Anda. Sekarang buatlah daftar prioritas perusahaan yang ingin Anda Lamar. Seharusnya Anda sudah tahu pekerjaan apa yang cocok dengan Anda.
  • Proaktif mencari Pekerjaan, Efektif dan Efisien!

Manfaatkan mesin pencari pekerjaan yang telah disediakan di situs lowongan pekerjaan atau Anda dapat menggunakan situs jejaring sosial serta mendaftarkan diri menjadi anggota situs web yang menyediakan layanan bursa lapangan kerja.
  • Tekuni Pekerjaan yang sudah Anda Pilih!

Begitu Anda sukses mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kerjakan pekerjaan tersebut dengan ikhlas dan sepenuh hati. Perlu diingat bahwa Anda telah menyisihkan orang lain yang mungkin memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan Anda. Anda telah meraihnya dengan susah payah. Jadi sudah sepatutnya Anda bersyukur dan mencintai pekerjaan itu. Orang yang mencintai pekerjaannya akan tercermin melalui hasil kerjanya. Anggap saja melakukan kegiatan favorit Anda. Dijamin pekerjaan akan terasa lebih mudah, ringan dan Anda akan semakin sukses! [sumber tulisan]
Posting Komentar