Senin, 21 Mei 2012

why you wanna be a teacher ?

I just read a blog of Cool Cat Teacher Blog's at coolcatteacher.blogspot.com, his or her  (I don't know is he/she male or female), but his posting are cool as the tittle of the blog I guess. As a teacher, I should know the reason why I wanna be a teacher, ya, seharusnya memang aku harus tau kenapa aku ingin menjadi guru.

Mungkin banyak alasan yang bisa diungkapkan kenapa saya (saya gak suka membicarakan orang lain dalam blog ini, jadi contoh kasus saya gunakan kata "saya" untuk menggambarkan kejadian yang dialami oleh siapa saja) ingin menjadi guru. Saya se ring sekali dapat nasehat dari orang tua saya, khususnya bapak saya, bahwa pekerjaan sebagai guru itu sekarang ini sangat menjanjikan sekali, dan apalagi pastinya barang siapa yang menjadi guru, pasti incerannya adalah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), iya atau tidak ? apakah ada guru sekarang ini yang tidak ingin menjadi PNS ? saya rasa itu tidak ada dan tidak mungkin akan ada guru yang tidak mau jadi PNS. Kalaupun ada mungkin itu hanya 1 sampai 2 persen dari total guru di Indonesia. Kata bapak saya, masa depan PNSnya guru itu lebih terjamin dibandingkan PNS yang lain seperti bidan, TNI atau yang lainnya. Tapi saya rasa hal itu bapak saya lihat dari pengalaman sekarang, dan menurut saya entah apa yang akan terjadi kelak, masihkan guru-guru PNS mendapatkan keistimewaan seperti sekarang ini atau tidak lagi.

Itulah hal pertama yang sering diimpikan oleh kebanyakan orang kenapa ingin menjadi guru, yaitu ingin menjadi PNS. Ok, jadi saya akui itu merupakan salah satu yang saya inginkan, tapi lebih dari pada itu, kenapa saya ingin menjadi guru adalah saya ingin mereka (murid-murid saya) yang bukan anak-anak kandung saya menyesal dikemudian hari. Kalau ditanya menyesal kenapa, jawabannya adalah menyesal karena tidak menggunakan masa sekolah mereka dengan baik. Hal inilah yang terjadi kepada saya ketika saya sekolah dulu, saya tidak menggunakan masa sekolah saya dengan baik, dan akhirnya saya menyesali itu (dulu). Saya tidak ingin apa yang terjadi pada diri saya terjadi pada mereka, saya ingin menyampaikan kepada mereka bahwa masa sekolah mereka adalah masa terindah dalam hidup mereka dibandingkan masa-masa yang lain yang telah dan akan mereka hadapi. Ingat lagunya almarhum Crisye "masa yang paling indah, masa-masa di sekolah", itu lagu sungguh menggambarkan betapa indahnya masa-masa di sekolah, pacaran, tawuran, ujian nasional, kenal cewek, kenal teman, pertama kalinya ke pulau Bali, dan hal lain yang tidak pernah terbayangkan akan cepat berlalu. 

Jadi itulah kenapa saya ingin sekali menjadi guru, saya ingin membantu mereka menikmati masa-masa sekolah mereka, saya ingin membantu mereka mengembangkan bakat yang mereka miliki saat di sekolah, karena waktu yang paling bagus dan tepat untuk mengembangkan bakat manusia adalah saat mereka masih di sekolah, kalau sudah kuliah atau sudah tua akan sangat sulit bakat itu dikembangkan lagi. Saya ingin sekali membantu murid-muridku menemukan siapa jati diri mereka sesungguhnya, saya ingin membantu mereka menghadapi masa-masa puber mereka. Sunggung indah bisa mengenang masa-masa dulu di sekolah dengan membantu murid-murid. 

Selain itu, dengan menjadi guru saya bisa menyalurkan ilmu pengetahun dan pengalaman saya kepada orang lain (murid-murid) tentunya.

So, why you want to be a teacher ? (please write your comment below)
So, kenapa anda ingin menjadi guru ? (silahkan tuliskan jawab anda di kotak komentar dibawah ini)
Posting Komentar