Rabu, 19 September 2012

Istilah "Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi" dalam RPP

ini tampilan websitenya diakses tgl 19-09-2012 jam 11.58
Hahaha, lagi nyelesaikan RPP untuk kegiatan supervisi tanggal 26 September nanti. Nah, di RPP itu ada tiga istilah yang membuat aku bingung, yaitu istilah eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Kalau dari bahasanya si artinya gampang, tapi kalau dari pengertianya aku gak mudeng apa artinya. Aku cari dikamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pasti langsung dapet artinya, tapi bukan artinya yang aku inginkan tapi pengertianya. So, langsung aja cari di google pengertian dari ketiga kata itu yang biasanya muncul di RPP yang guru buat. Dan, inilah hasil yang aku temukan dari blog yang berbackground cewek cantik (lihat gambar), hehehhehe. 

kira-kira begini penjelasan dalam blog itu,
DEFINISI Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
  1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
  2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.
  3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
APLIKASI ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah sebagai berikut ;
  • Eksplorasi : Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola  informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.


Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah :

Peserta didik :

- Menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
- Mengumpulkan dan mengolah data 
Guru : 
- Menggunakan berbagai pendekatan dan media
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar
- Melibatkan peserta didik secara aktif

  • Elaborasi : Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah


Peserta didik :

- melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun


Guru :

- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah, bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi 
  • Konfirmasi : Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.


Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi

Peserta didik :

- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya


Guru :

- memberi umpan balik positif kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik
Yah, kiranya demikian penjelasan yang saya dapatkan dari hasil searching di internet tentang pengertian dari ketiga kata yang sering muncul di RPP itu. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang masing mencari-cari penjelasan dari ketiga kata tersebut dan selamat membuat RPP ^_^.
Posting Komentar