Senin, 16 Januari 2017

Malu Bersedekah

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

"Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya" 
-(Al Baqarah, 215)
Dari ayat di atas kita jadi tau bahwa yang namanya sedekah itu adalah sesuatu hal yang baik bagi kita, khususnya bagi kaum muslim. Tapi kadang kita merasa mau untuk memberikan sedikit harta kita kepada mereka yang membutuhkannya, sedangkan dalam hati nurani kita pengen banget rasanya bersedekah, tapi sekali lagi setan memunculkan rasa malu untuk dilihat orang lain hingga akhirnya kita gak jadi sedekah. Kalau sudah gitu yang ada hanya penyesalah semata, padahal hakekatnya harta yang ada di kita baik itu berupa uang ataupun benda lain, sesungguhnya juga merupakan hak dari kaum yang kurang mampu. So, sudah sepantasnya kita harus memberikan hak mereka yang berada di kantong kita agar mereka juga menikmati enaknya makan makanan yang lezat, mengenakan pakaian baru yang bagus, dan tinggal di tempat tinggal yang selayaknya. Karena hakekatnya apa yang kita sedekahkan kepada orang lain itu bisa mesucikan hati/jiwa bahkan harta kita, selain itu membuat orang yang kurang mampu menjadi senang, namun tak lantas setelah itu tidak pernah berusaha hanya mengharapkan sedekah orang lain terus. 
Nah, gimana ? masih malu untuk bersedekah ? atau sudah gak malu lagi untuk memberikan harta kita kepada mereka yang membutuhkan sebagai sedekah. Yah, meskipun lagi-lagi rasa malu menghalangi kita untuk bersedekah, akupun sering mengalami itu, mungkin niat kita agar sedekah kita tidak dilihat orang lain dan kita merasa itu yang lebih baik. Nah, bagi kita yang sering merasa malu untuk menyedekahkan harta kita, sekarang sudah banyak lembaga sedekah seperti amil zakat yang bisa memfasilitasi niat baik kita, khususnya bagi kita yang sering merasa malu untuk menyisihkan sedikit harta kita untuk kau du'afa. 
Aku mulai dari sebuah website yang bisa memfasilitasi amal kita untuk kemudian disalurkan ke mereka yang membutuhkan, bahkan kita juga bisa menggalang dana untuk membantu sodara kita yang kurang mampu. Silahkan buka kitabisa.com ini adalah salah satu website yang aku rekomendasikan bagi kalian yang sering merasa malu untuk bersedekah. Disini kita bisa berdonasi, bahkan menggalang dana untuk mereka yang membutuhkan. Pertama kali saya make website ini adalah saat salah satu temen dari muridku yang bersekolah di sekolah lain sedang sakit tumor otak, dan butuh biaya banyak, lalu ada muridku yang promosi tentang hal itu via bbm, setelah membaca keterangan penggalan dana itu maka aku pun ikut berdonasi meskipun tidak seberapa. Sejak saat itulah kalau ada kesempatan (belum bisa rutin) aku menyempatkan diri untuk bersedekah melalui website ini. Insya Allah dana yang terkumpul dan kita percayakan kepada para penyelenggara donasi disalurkan langsung kepara mereka yang membutuhkan, dan amal kita dibalas oleh Allah di dunia dan akherat. 
Yang kedua yang pernah aku pakai adalah QlobalQurban.com dari ACT (Aksi Cepat Tanggap). Kalau yang ini aku gunakan untuk menyalurkan hewan qurban saat idul adha kemaren. Selain untuk menyalurkan hewan qurban, website ini juga menerima sedekah kita kapan saja bagi mereka yang membutuhkan. Saya percaya dengan kedua lembaga itu, karena saya pernah menggunakan jasa keduanya. 
Selain kedua website tersebut, sebenernya masih banyak website atau lembaga yang menerima sedekah dari kita yang sering merasa malu untuk memberikan secara langsung. Selain itu di website itu kita juga diberikan opsi untuk menyebutkan nama atau tidak, jadi kita tinggal pilih mau disebutkan namanya atau tidak. Silahkan bagi yang mau bersedekah bisa melalu kedua website itu atau juga bisa melalu website lain seperti    dompetdhuafa.org, sedekahrombongan.com, baznas.go.id dan lain sebagainya.
Ayo bersedekah mumpung kita masih hidup di dunia ini, insya Allah bagi siapa yang bersedekah, maka Allah akan meluaskan dan melancarkan rejekinya, aamiin.
Posting Komentar