Rabu, 01 Maret 2017

Menonaktifkan [sementara] Akun Instagram


Pernah gak si kamu merasa bahwa kegiatan kalian di depan gadget itu begitu sangat menyita perhatian dan wkatu kalian selama ini? 
Atau mungkin kamu merasa bahwa selama ini sudah diperbudak oleh dunia gadget yang setiap hari selalu memunculkan bentuk dan variasi yang baru?
Atau kamu lagi pengen tidak diganggu oleh dunia internet ? 
Atau mungkin kamu lagi bosen dengan semua ocehan orang di dunia sosial yang begitu menyebalkan dan mengganggu pikiran kamu ? 

Nah, salah satu yang sekarang lagi begitu digandrungi orang di Indonesia adalah instagram. Hampir setiap individu yang memiliki gadget pintar semacam smartphone kebanyakan pasti memiliki akun instagram, entah itu satu atau lebih dari satu. 

Nah, ternyata bermain dengan foto di aplikasi instagram sangat menyita perhatian kita, kita sering meluangkan waktu untuk ngecek apakah ada orang yang ngelike atau berkomentar di foto yang sudah kita unggah. Atau mungkin hanya sekedar ngecek apakah ada update terbaru dari doi yang sedang kita gebet ? atau pengan tau temen-temen kamu lagi dimana sedangkan kamu tidak ikut diajak jalan sama mereka, itu semua muncul di story instagram juga kan ?

Well, apapun alasan kalian, entah itu karena menyita perhatian dan waktu atau mungkin kamu lagi bosan dan pengen pergi dari dunia instagram untuk sementara tapi tanpa harus takut kehilangan foto-foto dan followers yang sudah berjumlah ribuan orang itu. 
Ini aku berikan sedikit pengtahuan yang sudah aku praktikan kemaren, sebuah cara agar akun kamu hilang dari dunia instagram untuk sementara waktu tanpa harus takut kehilangan followers dan foto-foto keren yang ada di feed instagram kalian. 

Sebenernya cara ini juga sudah diajarkan oleh instagram pada melalui link yang bisa diklik disini, tapi tenang saja kalian bisa langsung membaca tutorial yang sudah aku terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tentu saja dengan gaya bahasaku sendiri.

Inilah caranya : 
  • Pertama kamu harus membuka akun instagram kamu melalu browser (safari, crome, firefox dll) dari HP atau dekstop kalian, yup karena fasilitas yang satu ini tidak akan pernah kalian temukan di aplikasi instagram kalian kecuali nanti ada update terbaru dari instagram.
  • Setelah kamu membukan akun instagram kamu di browser, sekarang kamu masuk ke profil kamu sendiri lalu pilih Edit Profle seperti pada gambar di bawah ini


  • Kalau sudah diklik maka kamu akan diantarkan ke halaman baru yang memunculkan pilihan alasan kenapa kamu pengen mendisable akun kamu tersebut (gambar bawah) 

  • Ok, silahkan pilih sendiri alasan yang ada disitu, atau biar gampang dan gak mau ribet nerjemahin bahasa Inggris pilih aja yang paling atas itu, Just Need a Break (cuma butuh istirahat tok).
  • Kalau sudah dipilih alasan kamu pengen mendisable akun instagram kalian, maka kalian diminta untuk memasukan password konfirmasi bahwa yang memeinta mendisable adalah bener-bener kamu, so silahkan tulis password instagram kalian di kolom yang sudah disediakan.

  • Kalau sudah silahkan klik tombol "Temporary Disable Account" yang berwarna merah dengan tulisan putih itu.  Setelah kamu tekan tombol itu maka akan muncul peringatan untuk meyakinkan apakah benar kamu ingin mendisable sementara akun instagram kalian, kalau memang sudah yakin silahkan klik OK.

  • Dan tampilan yang muncul selanjutnya adalah notifikasi bahwa aku kamu sudah didisable.
Your account has been temporarily disabled. To reactivate it, log back in.

Setelah kamu melalui proses itu semua, sekarang akun kamu sudah dipastikan tidak bakal di temukan dipencarian instagram, kalau gak percaya coba saja kalian cari aku saya @MRSPESIAL di instagram kalian, pasti kalian tidak akan pernah menemukan aku itu lagi (kecuali sudah saya akftikan lagi), itu artinya akun saya sudah saya nonaktifkan dari dunia instagram tanpa harus takut kehilangan followers atau foto-foto cewek yang ada di feed saya. 

Setelah proses di atas kamu lalu, jangan dulu kamu masuk ke instagram dengan akun yang sudah didisable tadi, tunggulah beberapa jam 2-3 jam untuk mengaktifkan lagi kalau pengen langsung diaktifkan, atau tunggu sampe tahun depan karena buat apa didisable kalau cuma sejam dua jam doang. 

Oh iya, sekedar catatan, ketika nanti kamu kembali mengaktifkan aku kalian yang sudah di-disable tadi, maka semua tag (menandai) teman kamu yang dulu pernah kamu lakukan dari awal menggunakan instagram akan diretag ulang oleh instagram, jadi jangan heran kalau nanti tiba-tiba ada yang komen bilang kalau kamu mberondong tag/retag foto lawas. 

Kemaren ada yang nanya, temporary disable bisa sampe kapan ? jawabanya sampe kapanpun yang kalian inginkan, so terserah sampe kapannya tergantung yang punya akun, selamanya juga boleh cuma sehari jg gak apa-apa.

So, selamat mencoba, semoga tulisan panjang ini berguna buat kalian yang pengen mendisable akun instagram kalian.
Posting Komentar