Kamis, 27 April 2017

Tidak Bisa Save JPG di Photoshop CC 2015


Jadi, pengalaman ini baru saja terjadi kepadaku waktu lagi membuat design di Photoshop CC 2015, waktu aku mau ngesave hasil designku ke format JPG ternyata tidak bisa karena disebabkan format gambar RGB yang aku pilih adalah 32bit, sedangkan yang di Photoshop maksimal 16bit.


Gambar : Tidak ada save untuk JPG



Setelah mencoba mencari cara di gugel, dan di kasih tutorial dengan cara mengubah resolusi layar laptop menjadi lebih kecil, resolusi layarku adalah 1366x768 katanya diubah menjadi 1024 x 768, namun hasilnya juga tetep tidak bisa disave.
Gambar : Mengubah resolusi layar



Aku ikuti cara kedua dengan menyimpan ke dalam format web (save for web), namun sayangnya di menu File aku tidak menemukan submenu itu, jadi otomatis aku gak bisa ngesave ke format web.

Gambar : Tidak ada sub menu save for web



Cara berikutnya adalah disuruh mengkonversi ke JPG dari PSD, tentu saja cara ini aku tidak ikuti karena aku males donlot software tambahan yang harus digunakan untuk mengkonversi. Namun ternyata kekurangan masih bisa diakali dengan caraku sendiri. Kurang lebih caranya seperti di bawah ini :


Pertama buat lembar kerja baru dengan ukuran yang diinginkan, misal ukuran yang aku inginkan adalah 1366x768px dan pastikan memilih RGB 16bit atau RGB 8bit, jangan yang 32bit.

Gambar : Pilih RGB Color 16bit atau 8bit
Setelah itu, kembali ke lembar kerja yang ingin kita simpan ke dalam format JPG, tapi sebelum itu kita harus menjadikan satu semua layer yang ada terlebih dahulu dengan cara marge visibel semua layer kita seperti gambar di bawah ini
Gambar : Pilih  semua layer (Tekan SHIFT dan layer) terus klik kanan Marge Visible


Gambar : Marge Visible
Setelah disatukan semua (marge visible) terus kita pindah gambar yang sudah kita buat ke lembar kerja yang kosong, setelah itu silahkan save as JPG, pasti sudah muncul tuh pilihan untuk menyimpan ke format JPG
Gambar : Sudah bisa disave ke JPG

Jangan lupa untuk memastikan nyimpan dalam format JPG dengan kualitas yang  maksimum atau 12.
Jadi itulah caraku mengakali Photoshop yang tidak bisa menyimpan ke dalam format JPG disebabkan kita salah memilih format warna RGB yang 32bit, seharusnya kan 16bit atau 8bit. Semoga bermanfaat buat pembaca setia blog ini, terimakasih.
Posting Komentar