• Penugasan Kelas X [2018-2019]


    Selamat datang di SMA 1 Pekalongan, selamat datang di kelas Prakarya dan Kewiruasahaan. Ini adalah kelas yang akan saya ampu di semester ini, dan mungkin juga semester depan kalau kelasnya tidak ditukar. Jadi di kelas ini kita akan mempelajari tentang design grafis dan segala hal yang berhubungan dengan itu. Untuk kelas X ini kita akan menggunakan perangkat lunak pengolah grafis berbasi vektor, yaitu CorelDraw. Untuk perangkat lunak CorelDrawnya sendiri silahkan kalian bisa gunakan seri berapapun juga, saya tidak akan membatasi kalian menggunakan seri tertentu karena pada dasarnya semua sama, hanya saja tentu saja untuk seri terbaru memiliki lebih banyak kelebihan seperti;


    1. Bisa membuka file .cdr dari versi CorelDraw yang lebih bawah
    2. Tampilannya lebih asik
    3. Lebih up to date
    Tapi untuk veris terbaru juga punya kekurang, seperti;
    1. Tentu saja lebih besar dan berat bila diinstal di komputer spek rendah
    2. File hasil jadi (.cdr) tidak bisa dibuka di versi yang lebih lama bila tidak tau cara pengaturan penyimpananya.
    Untuk di lab komputer sendiri, mayoritas CorelDraw yang sudah terinstal adalah veris CorelDraw X4 dan beberapa saja yang menggunakan CorelDraw X7 (termasuk komputer dan laptop yang saja gunakan menggunakan X7). Saya hanya mengajurkan kalian menggunakan yang seusai dengan yang ada di laboratorium saja, tapi sekali lagi saya tegaskan itu hanya anjuran, bukan kewajiban untuk menggunakan seri tersebut.


    Untuk kelas X sendiri kalian mendapatkan tugas akhir yaitu MEMBUAT DESIGN BATIK dengan menggunakan CorelDraw dan harus;
    1. Dicetak di atas kertas glossy (sejenis kertas foto)
    2. Dikumpulkan paling akhir tanggal 1 November 2018 (maksimal istirahat ke-3). Selain mengumpulkan hasil print out, kalian juga harus mengumpulkan file asli dalam bentuk CorelDraw versi 14 (X4) atau CorelDraw versi 17 (X7).
    3. Semua file dikumpulkan dalam satu flashdisk (dikumpulkan di ketua kelas). Sedangkan untuk hasil print out harus dimasukan ke dalam album/folder yang seperti saya contohkan pada awal pertemuan di laboraturium
    4. Ukuran kertas adalah A4 dengan bleed dan slug (batas tepi warna putih) 1cm
    5. Diberi keteranga :
    Nama Siswa, KelasTahun Pelajaran, Nama Batik (kalian yang memberi nama design batik kalian sendiri)

    Folder/Album batiknya ditulisi; KARYA DESIGN BATIK KELAS .........(diisi sesuai kelas), TAHUN PELAJARAN 2018-2019




    Demikian penugasan akhir di semester 1 untuk kelas X, bila ada pertanyaan silahkan langsung menghubungi saya saat di sekolah.
  • Posting Komentar